Pengertian Hari Weton Jawa Yang Menjadi Tradisi Jawa Hingga Sekarang

Pengertian Weton Jawa

Pengertian Weton Jawa – Nah, untuk Anda yang asli jawa pasti tidak asing lagi mendengar kata weton atau hari weton. Terlebih lagi saat akan menikah, weton seringkali mejadi patokan dalam menentukan hari yang pas untuk hajatan. Weton juga sering dipakai menjadi indikator kecocokan pasangan yang akan menikah. Tidak sedikit juga pasangan yang merasa terbatasi karena adanya weton ini

Dalam beberapa sarana spiritual saya, juga berkaitan dengan weton. Dan jika Anda pernah membaca situs saya dukunsusuk.com. Saat pasang susuk Anda akan mendapati pantangan tidak boleh makan makanan tertentu pada hari weton.

Lalu apa sih hari weton itu?

Pengertian weton jawa adalah perayaan hari kelahiran berdasarkan hitungan hari dalam kalender jawa. Dalam bahasa jawa weton dari kata dasar wetu yang artinya “keluar” atau “lahir”

Kalender jawa merupakan adopsi dari kalender islam dan lima hari pasaran jawa. Dan dalam satu minggu terdiri dari 7 hari mulai dari ahad sampai sabtu. Dan lima hari pasaran. Meski satu bulan rata-rata ada 30 hari, tapi perayaan hari weton itu terjadi setiap 35 hari sekali atau orang jawa biasa menyebutnya selapan atau selapanan. Ini karena kombinasi siklus tujuh hari biasa dan siklus lima hari pasaran yang sering disebut juga pancawara

Untuk yang belum tahu, pancawara adalah putaran lima hari pasaran seperti pahing, pon, wage,  kliwon, dan legi. Nah, Kelima hari inilah yang digunakan oleh masyarakat jawa dalam kehidupannya. Salah satunya sebagai tanda berlangsungya pasar di hari-hari tertentu.

Hingga sekarang dijawa masih banyak yang namanya pasar wage, pasar kliwon, pasar pahing, pasar legi dan pasar pon. Nah, bagi masyarakat Jawa weton merupakan hal yang penting. Hari weton banyak sekali digunakan dalam kehidupan orang jawa. Seperti Pelaksanaan ritual, tradisi adat budaya, hari baik pernikahan, bukaan pasar, dan banyak lagi


Baca juga : 3 Ilmu Jawa Kuno Tingkat Tinggi Yang Masih Digunakan Sampai Sekarang


Hari Weton Di Masa Modern

Menurut kepercayaan jawa kami juga percaya karakter dan nasib baik atau buruknya dapat ditentukan berdasarkan weton. Dalam kacamata spiritual, pada hari weton seseorang merupakan hari dimana energi spiritual orang tersebut dalam kondisi terlemahnya.

Makanya dalam kegiatan spiritual weton ini bisa digunakan untuk tujuan baik maupun buruk. Tujuan baiknya bisa digunakan untuk meningkatkan kebatinan melalui puasa weton atau melalui bancaan weton. Tujuan buruknya bisa menjadi waktu yang tepat sihir jahat bekerja maksimal. Seperti santet atau teluh misalnya. Jika dikirimkan saat hari weton, akan sangat mudah masuk ke target.

Sisi spiritualitas dalam hari weton inilah yang juga menjadi salah satu hal unik bagi orang jawa sendiri. Nah, Kalau membahas weton memang akan sangat panjang jika diceritakan. Banyak sekali hal-hal penting dalam weton ini. Ada ramalan, primbon, hitungan jawa dan lain sebagainya.

Disini saya hanya akan memberikan penjelasan tentang apa itu hari weton. Karena banyak juga yang menanyakan ini ketika akan menggunakan susuk dan sarana nlainnya dari saya. Jadi saya membuat video ini agar lebih jelas dan semoga mudah dimengerti

susuk pengasihan

Karena setahu saya penggunaan weton hanya ada di jawa dan bali. Jadi wajar jika masih banyak yang tidak tahu. Nah, itulah pengertian dari weton jawa yang hingga saat ini masih banyak diyakini sebagian besar masyarakat Jawa. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan spiritual Anda.

Incoming search terms:

  • cari hari buat pasang susuk menurut jawa

jengristi Penulis